Menurut saya, saya setuju dengan keadaan demikian karena beberapa alasan berikut :
1) siswa dan pihak sekolah dapat mengadakan progam sistem belajar terbuka di alam, jadi tidak melulu di kelas. Dengan begitu siswa dapat mempelajari lebih rinci dan praktek langsung untuk memperdalam ilmu oseanografi(sebuah aplikasi ilmu terhadap fenomena laut).
2)siswa dapat membantu penduduk sekitar untuk membantu meningkatkan potensi sumber daya manusia atas ketersediaan sumber daya alam yang ada. Misalnya : sosialisasi untuk penduduk sekitar untuk gerakan “penanaman rumput laut.” Selain dapat menjaga kelestarian terumbu karang, masyarakat sekitar juga dapat menemukan lapangan kerja baru yaitu petani rumput laut, yang hasilnya dapat dijual ke tengkulak atau membuat usaha kecil-kecilan makanan agar-agar dari rumput laut dan sebagainya.
3) siswa yang mengenal daerahnya dengan sanagt baik dapat mempromosikan daerah pesisir mereka kepada daerah/negara lain dengan potensi yang dimilikinya untuk tujuan wisata. Sekarang kegiatan rekreasi banyak dilakukan di laut atau di daerah pesisir, seperti menikmati pemandangan laut,berenang di laut, menyelam, berselancar. Sebagai contoh untuk kegiatan wisata alam selam untuk menikmati keindahan terumbu karang, perlu dilakukan penelitian mengenai terumbu karang itu sendiri.
4.) Mempelajari kehidupan laut sebagai ilmu pengetahuan. Mempelajari oseanografi untuk kemjuan untuk ilmu pengetahuan dilakuakn secara sistematis berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnye. Kemudian hasil-hasil ini dapat dipublikasikan secara luas luas dalam jurnal-jurnal atau majalah ilmiah. Selanjutnya dapat dikeembangkan untuk bidang lainnya misalnya memanfaatkan laut untuk perdagangan: contoh, untuk pelayaran kapal-kapal dagang. Mempelajari kehidupan laut perlu dilakuakan untuk menentukan dan merawat alur-alur pelayaran, serta tempat-tempat berlabuh atau pelabuhan. Kemudian di bidang pertahanan negara. Mengingat negara indonesia sebagai negara maritim, mempelajari ilmu oseanografi sangatlah per;u terutama berkaitan dengan pertahanan laut, seperti menentukan alur-alur pelayaran baik untuk kapal, tempat-tempat pendaratan atau berlabuh yang aman, untuk keperluan menentukan batas-batas negara.
5.) Mmepelajari oseanografi membuat kita belajar akan keindahan mahakarya ciptaan Allah yang tiada duanya. Seperti pepatah, tak kenal maka tak sayang. Setelah mengenal kehidupan laut yang begitu memikat hati, manusia akan menjaga lingkungan laut dari kerusakan dan pencemaran lingkungan karena aktifitas oknum yang tidak bertanggung jawab.
No comments:
Post a Comment